Rabu, 05 Januari 2011

Pengertian dan Karakteristik Pembelajaran Terpadu

Pembelajaran terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Dengan pemaduan itu siswa akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa. Bermakna berarti bahwa pada pembelajaran terpadu siswa dapat memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung yang menghubungkan antar konsep dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran.
Cohen dan Manion (1992) dan Brand (1991) mengemukakan bahwa: terdapat tiga kemungkinan variasi pembelajaran terpadu yang berkenaan dengan pendidikan yang dilaksanakan dalam suasana pendidikan progresif yaitu kurikulum terpadu (integrated curriculum), hari terpadu (integrated day), dan pembelajaran terpadu (integrated learning). Kurikulum terpadu adalah kegiatan menata keterpaduan berbagai materi mata pelajaran melalui suatu tema lintas bidang membentuk suatu keseluruhan yang bermakna sehingga batas antara berbagai bidang studi tidaklah ketat atau boleh dikatakan tidak ada. Hari terpadu berupa perancangan kegiatan siswa dari sesuatu kelas pada hari tertentu untuk mempelajari atau mengerjakan berbagai kegiatan sesuai dengan minat mereka. Sedangkan pembelajaran terpadu menunjuk pada kegiatan belajar yang terorganisasikan secara lebih terstruktur yang bertolak pada tema-tema tertentu atau pelajaran tertentu sebagai titik pusatnya (center core / center of interest).
Prabowo (2000:2) mengemukakan bawa: pembelajaran terpadu adalah suatu proses pembelajaran dengan melibatkan/mengkaitkan berbagai bidang studi. Ada dua pengertian yang perlu dikemukakan untuk menghilangkan kerancuan dari pengertian pembelajaran terpadu di atas, yaitu konsep pembelajaran terpadu dan IPA terpadu. Menurutnya pembelajaran terpadu merupakan pendekatan belajar mengajar yang melibatkan beberapa bidang studi. Pendekatan belajar mengajar seperti ini diharapkan akan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada anak didik kita. Bermakna karena dalam pembelajaran terpadu diharapkan anak memperoleh pemahaman terhadap konsep-konsep yang mereka pelajari dengan melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami.
Pembelajaran terpadu merupakan pendekatan belajar mengajar yang memperhatikan dan menyesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik (Developmentally Appropriate Practical). Pendekatan yang berangkat dari teori pembelajaran yang menolak drill-system sebagai dasar pembentukan pengetahuan dan struktur intelektual anak. Pembelajaran IPA secara terpadu harus menggunakan tema yang relevan dan berkaitan. Materi yang dipadukan masih dalam lingkup bidang kajian IPA.
Sebagai suatu proses, pembelajaran terpadu memiliki karakteristik sebagai berikut.
1.      Pembelajaran berpusat pada anak
Pembelajaran terpadu dikatakan sebagai pembelajaran yang berpusat pada anak karena pada dasarnya pembelajaran terpadu merupakan suatu pembelajaran yang memberikan keleluasaan pada siswa, baik secara individu maupun kelompok. Siswa dapat aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip dari suatu pengetahuan yang harus dikuasainya sesuai dengan perkembangannya.
2.      Menekankan pembentukan pemahaman dan kebermaknaan
Pembelajaran terpadu mengkaji suatu fenomena dari berbagai macam aspek yang membentuk semacam jalinan antar skemata yang dimiliki siswa, sehingga berdampak pada kebermaknaan dari materi yang dipelajari siswa. Hasil yang nyata di dapat dari segala konsep yang diperoleh dan keterkaitannya dengan konsep-konsep lain yang dipelajari dan mengakibatkan kegiatan belajar menjadi lebih bermakna. Hal ini diharapkan akan berakibat pada kemampuan siswa untuk dapat menerapkan perolehan belajarnya pada pemecahan masalah-masalah yang nyata dalam kehidupannya.
3.      Belajar melalui pengalaman langsung
Siswa akan memahami hasil belajarnya sesuai dengan fakta dan peristiwa yang mereka alami, bukan sekedar informasi dari gurunya. Guru lebih banyak bertindak sebagai fasilitator dan katalisator yang membimbing ke arah tujuan yang ingin dicapai. Sedangkan siswa sebagai aktor pencari fakta dan informasi untuk mengembangkan pengetahuannya.
4.      Lebih memperhatikan proses daripada hasil
Pada pembelajaran terpadu dikembangkan pendekatan discovery inquri (penemuan terbimbing) yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai proses evaluasi. Pembelajaran terpadu dilaksanakan dengan melihat hasrat, minat, dan kemampuan siswa, sehingga memungkinkan siswa termotivasi untuk belajar terus menerus.
5.      Sarat dengan muatan keterkaitan
Pembelajaran terpadu memusatkan perhatian pada pengamatan dan pengkajian suatu gejala atau peristiwa dari beberapa mata pelajaran sekaligus, tidak dari sudut pandang yang terkotak-kotak. Sehingga memungkinkan siswa untuk memahami suatu fenomena pembelajaran dari segala sisi, yang pada gilirannya nanti akan membuat siswa lebih arif dan bijak dalam menyikapi atau menghadapi kejadian yang ada.

13 komentar:

  1. Pada kenyataannya, sistem pendidikan di Indonesia masih sangat banyak kekurangannya jika dibandingkan dengan negara lain. Pemerintah Indonesia dinilai masih kurang perhatian dalam hal pendidikan padahal generasi mudalah yang nantinya akan menjadi pemimpin negara selanjutnya. Jika masih seperti ini, maka akan sangat mungkin Indonesia menjadi negara yang seperti dl lagi, negara yang bodoh, yang dijajah, yang tidak bisa mengolah hasil alam dan bumi Indonesia dengan maksimal, dsb..
    Seharusnya setelah adanya pembelajaran terpadu, secepatnya para pendidik menerapkannya pada pengajaran di sekolah agar generasi muda lebih mendapat pengetahuan secara langsung dan bermakna. Saya pernah bertanya pada seorang guru di salah satu SMP di Bojonegoro apakah guru-guru disana sudah menerapkan pembelajran IPA terpadu? guru tersebut menjawab, memang kepala sudah menyuruh agar guru-guru menerapkan pembelajaran terpadu tapi guru-guru malas melakukannya (membuat perangkat pembelajaran). Yang penting mereka (guru) sudah mengajrkan dan memberikan pengetahuan kepada siswa (yg penting ngajar). Nah, mengetahui contoh nyata yang seperti ini, bagaimana solusi terbaik agar pembelajaran ipa terpadu tetap berlangsung dalam pendidikan di Indonesia agar Indonesia menjadi negara yang lebih maju dengan pendidikan yang bermutu??

    BalasHapus
  2. Niesh, ya begitulah kenyataannya. Kesuksesan dalam pendidikan kuncinya adalah guru. Selama guru belum menyadari perannya, sulit diharapkan keberhasilan pendidikan di Indonesia ini. Silahkan baca-baca artikel di blok "Fisika dan Pembelajaran", insyaallah akan lebih memperluas wawasan kamu tentang pendidikan di Indonesia.

    BalasHapus
  3. apabila guru-guru SMP dilapangan benar-benar bisa mendesain pembelajaran IPA secara terpadu akan sangat bermanfaat bagi siswa. siswa akan lebih memahami bahwa sesungguhnya konsep-konsep dalam IPA itu tidak sepenuhnya terpisah-pisah namun saling terkait dan saling melengkapi. dengan menerapkan pembelajaran terpadu siswa akan lebih mudah untuk mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh. tetapi masalahnya, sebagian besar siswa Indonesia memiliki semangat belajar yang rendah, sehingga perubahan kurikulum yang terus menerus terjadi di Indonesia belum memberikan efek kemejuan yang signifikan dalam bidang pendidikan. apakah yang salah dengan pendidikan yang ada di Indonesia ini? dan bagaimana cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indoesia yang kian menurun?

    BalasHapus
  4. Pembelajaran terpadu memiliki karakteristik yaitu Menekankan pembentukan pemahaman dan kebermaknaan salah satu contohnya dengan mengadakan praktikum. saya pernah mendapat tugas observasi laboratorium IPA di SMP Negeri 2 Mojosari waktu saya bertanya pada guru IPAnya katanya jarang mengadakan praktikum dan karena alat bahan praktikum jumlahnya terbatas bahkan tidak ada. kalau siswa tidak pernah melakukan praktikum bagaiman pembentukan pemahaman dan kebermaknaan pembelajaran IPA dapat terwujud. Bagaimana cara mengatasi hal ini bapak ? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya pembentukan pemahaman dan kebermaknaan pembelajaran IPA tidak hanya diperoleh melalui pelaksanaan praktikum, karena membuat informasi lebih bermakna dapat juga dapat dilakukan melalui pemasukan strategi belajar didalamnya seperti :
      1. Strategi belajar Elaborasi yang meliputi pembuatan catatan, penggunaan analogi dan metode PQ4R
      2. Strategi belajar Organisasi yang meliputi outlininh, mapping dan mnemonics
      3. Strategi belajar Strategi Metakognitif
      Thanks,,

      Hapus
  5. So difficult for the teacher to be a good teacher when using integrated science model. in modelling and also in teaching.

    BalasHapus
  6. pembelajaran di Indonesia sekarang ini sudah menuju ke pembelajaran terpadu, yang diharapkan dengan digunakannya pembelajaran secara terpadu ini maka para peserta didik diharapkan akan mendapatkan pemahaman pembelajaran secara menyeluruh, holistik/nyata, dan meaningful. dengan terus berkembangnya proses pembelajaran ini suatu saat nanti pasti akan didapatkan generasi muda yang lebih cakap, kreatif serta lebih percaya diri

    BalasHapus
  7. Pembelajaran terpadu sebagai suatu proses mempunyai beberapa ciri yaitu : berpusat pada anak (student centered), proses pembelajaran mengutamakan pemberian pengalaman langsung, serta pemisahan antar bidang studi tidak terlihat jelas. Disamping itu pembelajaran terpadu menyajikan konsep dari berbagai bidang studi dalam satu proses pembelajaran. Kecuali mempunyai sifat luwes, pembelajaran terpadu juga memberikan hasil yang dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.
    Salah satu keterbatasan yang menonjol dari pembelajaran terpadu adalah pada faktor evaluasi. Pembelajaran terpadu menuntut diadakannya evaluasi tidak hanya pada produk, tetapi juga pada proses. Evaluasi pembelajaran terpadu tidak hanya berorientasi pada dampak instruksional dari proses pembelajaran, tetapi juga pada proses dampak pengiring dari proses pembelajaran tersebut. Dengan demikian pembelajaran terpadu menuntut adanya teknik evaluasi yang banyak ragamnya.
    Jadi, pembelajaran terpadu merupakan suatu sistem pembelajaran yang memungkinkan siswa, baik secara individual maupun kelompok, aktif mencari, menggali dan mengemukakan konsep serta prinsip keilmuan secara holistik, bermakna, dan otentik.
    Namun masalah pembelajaran yang dihadapi para pendidik saat ini semakin kompleks. Untuk itu para pendidik khususnya para guru di SD diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam menciptakan dan mengembangkan model-model pembelajaran, agar dapat menunjang terciptanya proses belajar mengajar di kelas yang lebih bermakna dan menyenangkan bagi peserta didik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan pembelajaran yang telah saya peroleh pembelajaran terpadu itu pemisahan antar-disiplin ilmunya harus jelas dapat dimisalkan seperti es campur yang masing-masing komponennya perbedaannya sangat jelas tidak seperti jus yang sudah benar-benar tercampur.

      Hapus
  8. pembelajaran ipa terpadu merupakan pembelajaran dengan mengkaitkan antara pelajaran. Model pembelajaran ini dianjurkan untuk dilaksanakan di sekolah-sekolah karena pembalajaran terpadu ini dapat membuat peserta didik secara individu maupun kelompok aktif mencari menggali dan menemukan konsep serta prinsip secara menyeluruh dan autentik, namun pembelajaran ipa terpadu ini memang cukup susah dilaksanakan karena beberapa hal, apalagi dikota-kota terpencil, di kota-kota yang sudah maju saja masih ada yang belum mampu menerapkan pembelajaran ipa terpadu ini, seperti sekolah yang pernah saya observasi dulu yang terletak dikota surabaya aja belum bisa menerapkan pembelajaran ipa terpadu karena faktor guru dan siswa belum mampu menerapkannya... dengan adanya blok ini semoga para calon guru bisa lebih memahami tentang pembelajaran ipa terpadu... dan alhamdulilah, dengan materi dalam blok ini khususnya tentang pembelajaran terpadu, saya semakin tambah pengetahuannya..

    BalasHapus
  9. beberapa tahun ini Indonesia sudah mulai menerapkan pembelajaran ipa terpadu, Pembelajaran IPA terpadu menekankan pada pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik mampu memahami alam sekitar melalui proses “mencari tahu” dan “berbuat”, hal ini akan membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam. Keterampilan dalam mencari tahu atau berbuat tersebut dinamakan dengan keterampilan proses penyelidikan atau “enquiry skills” yang meliputi mengamati, mengukur, menggolongkan, mengajukan pertanyaan, menyusun hipotesis, merencanakan eksperimen untuk menjawab pertanyaan, mengklasifikasikan, mengolah, dan menganalisis data, menerapkan ide pada situasi baru, menggunakan peralatan sederhana serta mengkomunikasikan informasi dalam berbagai cara, yaitu dengan gambar, lisan, tulisan, dan sebagainya. Melalui keterampilan proses dikembangkan sikap dan nilai yang meliputi rasa ingin tahu, jujur, sabar, terbuka, tidak percaya tahyul, kritis, tekun, ulet, cermat, disiplin, peduli terhadap lingkungan, memperhatikan keselamatan kerja, dan bekerja sama dengan orang lain. Pada pembelajaran ipa terpadu difokuskan pada siswa yang aktif. namun sangat jarang sekolah-sekolah menerapkannya secara penuh....... terutama di pedesaan, yang mana fasilitas yang belum memadai. Sehingga untuk melakukan pembelajaran ipa terpadu baik dari segi pendidik, siswa maupun fasilitas yang ada harus siap.....

    BalasHapus
  10. Pembelajaran terpadu tujuannya memang sangat baik supaya pembelajaran lebih bermakna untuk siswa.
    Akan tetapi pada pembuatan rancangan pembelajarannya menurut pengamatan saya masih banyak kesulitan untuk mencari titik tengah keterpaduan yang dapat ditinjau dari semua disiplin ilmu sehingga pembajaran tersebut benar-benar terpadukan. Tolong Bapak memberi saran bagaimana untuk menentukan hal tersebut. Terima kasih.

    BalasHapus
  11. sekedar menambahkan ....

    berbeda dengan pembelajaran IPA yg dikemas sendiri-sendiri setiap bidang studi (fisika,kimia,biologi),ada beberapa hal yg penting dalam pembelajaran IPA terpadu yaitu tujuan,keuntungan dan kelemahan pembelajaran IPA terpadu.
    1. tujuan
    ~meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran
    ~meningkatkan minat dan motifasi
    ~beberapa kompetensi dasr dapat dicapai sekaligus
    2. keuntungan
    ~menghemat waktu karena ketiga disiplin ilmu (fisikakimia,biologi)dapat diajarkan sekaligus
    ~peserta didik dapat melihat hubungan yg bermakna antar konsep fisika,kimia dan biologi
    ~meningkatkan taraf kecakapan berfikir peserta didik
    3. kelemahan
    ~pembelajaran terpadu berkecenderungan mengutamakan salah satu mata pelajarandan tenggelamnya mata pelajaran lain
    ~pembelajaran terpadu membutuhkan cara penilaian yg menyeluruh (komprehensif)
    ~pembelajaran terpadu memerlukan sumber informasi yg cukup banyak dan bervariasi

    BalasHapus